Tips Info Review Online

Dampak Pencemaran Tanah dan Cara Mengatasinya

Tanah merupakan bagian terpenting dalam hidup manusia dan makhluk lainnya,dalam kelangsungan hidup semua komponen biotik tidak dapat terlepas dari tanah.Namun jika tanah sudah tercemar maka fungsi tanah sudah tidak bisa seperti dulu.Dampak Pencemaran Tanah dan Cara Mengatasinya selalu menjadi perhatian penting oleh sebagian orang lalu bagaimanakah kita bisa mengatasi pencemaran itu?tahukah anda? bagi yang belum tahu silahkan baca disini

Pencemaran tanah adalah suatu kondisi masuknya satu atau banyak benda kimia,buatan manusia ke dalam tanah dimana benda-benda tersebut bisa merusak struktur tanah alami.

Dampak Pencemaran Tanah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Pencemaran Tanah

Secara umum,pencemaran tanah dapat disebabkan oleh limbah domestik,limbah industri,dan limbah pertanian.
1.Limbah Domestik
Limbah dommestik yang mencemari tanah dapat berupa limbah padat dan limbah cair.
a.Limbah padat berupa sampah anorganik.Jenis sampah ini tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme (nonbiodegradable),misalna kantong plastik,kaleng bekas,dan botol plastik bekas
b.Limbah cair berupa tinja,deterjen,oli,cat,jika meresap kedalam tanah akan merusak kandungan air tanah.Sisa-sisa deterjen yang meresap ke dalam tanah akan mencemari karena deterjen sukar diuraikan oleh mikroorganisme sehingga dapat meracuni tanah.
2.Limbah Industri 
LImbah cair yang merupakan hasil pengolahan dalam suatu proses produksi,misalnya sisa-sisa pengolahan industri pelapisan logam dan industri kimia lainnya merupakan zat yang sangat beracun terhadap mikroorganisme.Tembaga,timbal,perak,khrom,arsen,dan boron adalah zat-zat yang dihasilkan dari proses industri pelapisan logam,seperti Hg,Zn,Pb,Cd dapat mencemari tanah.
3.Limbah Pertanian
Limbah pertanian yang bisa menyebabkan pencemaran tanah merupakan sisa-sisa pupuk sintetik untuk menyuburkan tanah/tanaman,misalnya pupuk urea dan pestisida pemberantas hama tanaman,misalnya DDT.

Dampak Pencemaran Tanah

Dampak pencemaran tanah adalah sebagai berikut.
a.Menurunkan kesuburan tanah
b.Tanah akan kehilangan nutrisi alami didalmnya
c.Tanaman tidak akan tumbuh pada tanah yang tercemar
d.Gangguan dalam keseimbangan flora dan fauna yang ada didalam tanah

Cara Mengatasi Pencemaran Tanah


Penanganan khusus terhadap limbah domestik yang berjumlah banyak diperlukan agar tidak mencemari tanah.Sampah tersebut kita pisahkan ke dalam sampah organik yang dapat diuraikan oleh mikroorganise (biodegradable) dan sampah yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme (nonbiodegradable.Akan sangat baik jika setiap rumah tangga bisa memisahkan sampah atau limbah menjadi dua bagian ,yakni organik dan anorganik dalam dua wadah berbeda sebelum diangkut ke tempat pembuangan akhir.
Sampah organik yang terbiodegradasi bisa diolahmisalnya dijadikan bahan urukan,kemudian kita tutp dengan tanah sehingga terdapat permukaan tanah yang dapat kitapakai lagi.Cara ini disebut sanitary landfill.Selain itu,sampah organik juga dapat dibuat kompos,khusus kotoran hewan dapat dibuat biogas,dan lain-lain.Dalam hal ini bukan pencemaran tanah yang terjadi,tetapi proses pembusukan organik yang alami.
Sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme,cara penanganan yang terbaik dengan daur ulang.Kurangilah penggunaan pupuk sintetis dan berbagai bahan kimia untuk pemberantasan hama seperti pestisida.
Limbah industri harus diolah dalam pengolahan limbah,sebelum dibuang ke sungai atau laut. Kurangi pengggunan bahan-bahan yang tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme (nonbiodegradable).Salah satu contohnya adalah dengan mengganti plastik sebagai bahan kemasan/pembungkus dengan bahan yang ramah lingkungan,seperti daun pisang atau daun jati.

Nah,setelah tahu Dampak Pencemaran Tanah dan Cara Mengatasinya yang ternyata mengerikan hendaknya kita lebih berhati-hati dalam penggunaan bahan-bahan yang tidak bisa diuraikan oleh mikroorganisme semoga artikel ini bermanfaat bagi anda para pembaca dan sampai bertemu lagi pada artikel selanjutnya,terimakasih.
Author: Unknown Title: Dampak Pencemaran Tanah dan Cara Mengatasinya Rating: 4.5
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
100% Gratis | No Spam | Email Terlindungi | Pemberitahuan Langsung dari Google
biolearning center

Populer Lainnya : Dampak Pencemaran Tanah dan Cara Mengatasinya

0 komentar: